digitalisasi umkm

Digitalisasi UMKM Kunci Meningkatkan Ekonomi Nasional

Pandemi telah berlangsung selama setahun di Indonesia dan global. Banyak sector yang terdampak di Indonesia, salah satunya di sektor Ekonomi yaitu UMKM. Disaat awal pandemi menjadi momen yang sangat berat bagi sektor UMKM karena daya beli masyarakat turun, mengakibatkan berhentinya produksi dan penghentian tenaga kerja di UMKM. Tetapi saat ini pandemi juga mengakibatkan meningkatkan persentase pelaku usaha mikro baru, yang karena kondisi membuat seseorang menjadi berusaha di masa pandemi.

Dari sisi pemerintah, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya menyampaikan komitmen mendukung UMKM berjuang di masa pandemi. “Telah menjadi kebijakan pemerintah, terutama Kemenkop UMKM untuk mendukung secara menyeluruh, agar pemberdayaan, kemudahan, dan perlindungan usaha bagi UMKM terlaksana secara baik dalam koridor perundang-undangan dan paket kebijakan strategis,” ujarnya.

UMKM dan Kewirausahaan tetap menjadi salah satu kunci untuk pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah juga mengajak para UMKM untuk menerapkan metode digitalisasi dalam transaksi, pengimplementasian transaksi digital di UMKM memiliki keuntungan bagi pelaku usaha di masa pandemi ini.

Keuntungan menggunakan transaksi digital bagi bisnis UMKM adalah

  1. Lebih Aman
  2. Lebih Praktis
  3. Meningkatkan Omset
  4. Membuat Bisnis Lebih Modern
  5. Analisis Kebiasaan Berbelanja Pelanggan Lebih Mudah

Saat ini sudah banyak UMKM, Gerai retail, atau Merchant yang sudah menggunakan transaksi digital dan pembeli dapat membayar dengan E-Wallet atau dompet digital dengan mudah, aman, nyaman. Kamu dapat menggunakan Aplikasi dompet digital Paykitaz untuk kamu bertransaksi digital, karena dengan Aplikasi Paykitaz dapat memberikan kemudahan untuk kamu dalam kegiatan bertransaksi digital.

Tags: ,